PRINSIP-PRINSIP
MENGAJAR
A.
Pengertian Mengajar
Mengajar menurut faham
lama yaitu guru senantiasa aktif menyampaikan dan memompakan
informasi/fakta-fakta agar dikuasai siswa, siswa sendiri hanya menerima/pasif.
Mengajar menurut faham baru yaitu guru sebagai pengelola, pengatur, peracik
lingkungan berupa tujuan, materi, metode dan alat dengan siswa, siswa harus
aktif.
B.
Kompetensi Guru
1)
Kompetensi Kepribadian
Faktor penting
bagi guru adalah kepribadiannya, kepribadiannya itu yang akan menentukan,
apakah ia akan menjadi pembimbing dan pembina yang baik bagi anak didiknya,
ataukah akan jadi perusak atau penghancur, bagi hari esok anak didiknya.
Prof.Dr.Moh. Athiyah Al-Ibrasyi mengutarakan sifat-sifat yang harus dimiliki
oleh guru sebagai berikut: zuhud (tidak mengutamakan materi), kebersihan guru
(bersih tubuh dan jiwa dari sifat-sifat tercela), ikhlas dalam pekerjaan,
seorang guru harus menjadi seorang bapak sebelum ia menjadi seorang guru, suka
pemaaf, harus mengetahui tabiat murid, harus menguasai mata pelajaran. Apapun
kenyataannya, guru tetap harus berusaha untuk menjadi seorang bapak yang baik
dari anak didiknya. Hal ini mungkin tidak mudah, namun guru yang mempunyai
kepribadian baik, tetap baik dan dihormati serta tetap menjadi tumpuan dan
tempat identifikasi siswanya.
2)
Kompetensi Penguasaan atas Bahan
Seorang guru harus
mengerti dengan baik materi yang akan diajarkan, baik pemahaman detailnya
maupun aplikasinya. Hal ini sangat diperlukan dalam menguraikan ilmu
pengetahuan, pemahaman, ketrampilan-ketrampilan dan apa saja yang harus
disampaikan kepada anak didiknya dalam bentuk komponen-komponen atau
informasi-informasi yang sesungguhnya dalam bidang ilmu yang bersangkutan.
Selanjutnya guru dituntut harus menyusun komponen-komponen tersebut secara baik
dan sistematis hingga mudah dicerna dan diterima oleh anak didiknya.
3)
Kompetensi dalam cara-cara Mengajar
Guru juga
sangat dituntut trampil dalam mengajar, yang secara global meliputi
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selanjutnya guru harus mampu mengetahui
sampai seberapa jauh kemampuan siswanya, kelebihan dan kelemahannya
langkah-langkah yang ditempuh.
C.
Aspek-aspek Psikologi dalam Mengajar
Menurut LD. Crow, Ph.D
dan Alice Crow, Ph.D, ada lima aspek mengajar yaitu mengarahkan dan membimbing
belajar, menimbulkan motivasi pada siswa untuk belajar, membantu siswa-siswa
dalam mengembangkan sikap yang baik dan diinginkan, memperbaiki teknik
mengajar, mengenal dan mengusahakan terbentuknya pribadi yang bermutu dan
berguna dalam rangka menuju sukses dalam mengajar.
0 komentar:
Posting Komentar