Pages

Sabtu, 10 Januari 2015

KARANGAN BEBAS


PRINSIP-PRINSIP MENGAJAR

A.    Pengertian Mengajar
      Mengajar menurut faham lama yaitu guru senantiasa aktif menyampaikan dan memompakan informasi/fakta-fakta agar dikuasai siswa, siswa sendiri hanya menerima/pasif. Mengajar menurut faham baru yaitu guru sebagai pengelola, pengatur, peracik lingkungan berupa tujuan, materi, metode dan alat dengan siswa, siswa harus aktif.

B.     Kompetensi Guru
1)      Kompetensi Kepribadian
Faktor penting bagi guru adalah kepribadiannya, kepribadiannya itu yang akan menentukan, apakah ia akan menjadi pembimbing dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah akan jadi perusak atau penghancur, bagi hari esok anak didiknya. Prof.Dr.Moh. Athiyah Al-Ibrasyi mengutarakan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh guru sebagai berikut: zuhud (tidak mengutamakan materi), kebersihan guru (bersih tubuh dan jiwa dari sifat-sifat tercela), ikhlas dalam pekerjaan, seorang guru harus menjadi seorang bapak sebelum ia menjadi seorang guru, suka pemaaf, harus mengetahui tabiat murid, harus menguasai mata pelajaran. Apapun kenyataannya, guru tetap harus berusaha untuk menjadi seorang bapak yang baik dari anak didiknya. Hal ini mungkin tidak mudah, namun guru yang mempunyai kepribadian baik, tetap baik dan dihormati serta tetap menjadi tumpuan dan tempat identifikasi siswanya.

2)      Kompetensi Penguasaan atas Bahan
Seorang guru harus mengerti dengan baik materi yang akan diajarkan, baik pemahaman detailnya maupun aplikasinya. Hal ini sangat diperlukan dalam menguraikan ilmu pengetahuan, pemahaman, ketrampilan-ketrampilan dan apa saja yang harus disampaikan kepada anak didiknya dalam bentuk komponen-komponen atau informasi-informasi yang sesungguhnya dalam bidang ilmu yang bersangkutan. Selanjutnya guru dituntut harus menyusun komponen-komponen tersebut secara baik dan sistematis hingga mudah dicerna dan diterima oleh anak didiknya.
3)      Kompetensi dalam cara-cara Mengajar
Guru juga sangat dituntut trampil dalam mengajar, yang secara global meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Selanjutnya guru harus mampu mengetahui sampai seberapa jauh kemampuan siswanya, kelebihan dan kelemahannya langkah-langkah yang ditempuh.

C.    Aspek-aspek Psikologi dalam Mengajar
     Menurut LD. Crow, Ph.D dan Alice Crow, Ph.D, ada lima aspek mengajar yaitu mengarahkan dan membimbing belajar, menimbulkan motivasi pada siswa untuk belajar, membantu siswa-siswa dalam mengembangkan sikap yang baik dan diinginkan, memperbaiki teknik mengajar, mengenal dan mengusahakan terbentuknya pribadi yang bermutu dan berguna dalam rangka menuju sukses dalam mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar